Shalat Sunnah Rawatib

shalat rawatibShalat sunnah rawatib adalah shalat sunnah yang mengiringi shalat lima waktu. Shalat sunnah rawatib yang dikerjakan sebelum shalat wajib disebut shalat sunnah qobliyah. Sedangkan sesudah shalat wajib disebut shalat sunnah ba’diyah.Di antara tujuan disyari’atkannya shalat sunnah qobliyah adalah agar jiwa memiliki persiapan sebelum melaksanakan shalat wajib. Perlu dipersiapkan seperti ini karena sebelumnya jiwa telah disibukkan dengan berbagai urusan dunia. Agar jiwa tidak lalai dan siap, maka ada shalat sunnah qobliyah lebih dulu.Sedangkan shalat sunnah ba’diyah dilaksanakan untuk menutup beberapa kekurangan dalam shalat wajib yang baru dilakukan. Karena pasti ada kekurangan di sana-sini ketika melakukannya.

Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib

Pertama: Shalat adalah sebaik-baik amalan

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Continue reading

Keagungan Sholat dalam Islam

بسم الله الرحمن الرحيم

Penulis: Sofyan Chalid Bin Idham Ruray
حفظه الله تعالى وغفر له ولوالديه ولجميع المسلمين

Kewajiban sholat lima waktu adalah perkara yang disepakati oleh seluruh kaum Muslimin, namun sangat disayangkan realitanya masih banyak kaum Muslimin yang melalaikan kewajiban ini, bahkan meninggalkannya secara menyeluruh. Tidaklah hal ini terjadi kecuali karena semakin jauhnya ummat Islam dari ilmu al-Qur’an dan as-Sunnah serta bimbingan para Ulama. Padahal para Ulama telah sepakat akan besarnya dosa meninggalkan sholat dan bahaya yang akan menimpa pelakunya di dunia dan akhirat.

Berkata al-Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah: “(Ulama) kaum Muslimin tidak berbeda pendapat bahwa meninggalkan sholat wajib dengan sengaja termasuk dosa besar, dan bahkan dosanya di sisi Allah lebih besar dari dosa membunuh jiwa, dosa mengambil harta orang (tanpa alasan yang benar), dan juga lebih besar dari dosa zina, pencurian, minum khamar, dan bahwasannya perbuatan tersebut juga mengundang hukuman dan kemarahan Allah serta kehinaan di dunia dan akhirat.” (Kitabus Sholah wa Hukmu Tarikiha, hal. 29) Continue reading

Pegawulan, Darmakradenan (Napak Tilas Masa Kecilku)

Pegawulan, adalah nama sebuah grumbul yang ada di desa Darmakraden, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Menyebut desa Darmakradenan tentu kita jadi ingat nama Mbok Minah seorang nenek yang menjadi terkenal di seluruh Indonesia atau bahkan dunia karena mengambil tiga biji buah kakao dari PT Rumpun Sari Antan (RSA) yang ada di desa ini pada 2 Agustus 2009 silam. Desa Darmakradenan dapat dijangkau kurang lebih 30 menit dari arah timur kota Purwokerto. Desa Darma orang sering menyebutnya, selain terkenal dengan batu kapurnya sebetulnya sudah sering muncul diberita baik dimedia elektronik maupun surat kabar, seringkali yang diberitakan adalah hal hal yang menyedihkan, selain kisah Nenek Minah juga masalah sengketa tanah, bencana tanah longsor, kekurangan air karena musim kemarau dan lain sebagainya. Darmakradenan terdiri dari beberapa grumbul ada Grumbul Sidoarjo atau angkruk yaitu tempatnya Nenek Minah, grumbul Cipecang, Pegawulan, Karangpucung, Cigebang, Kesal, Dukuh Banjar dan Dukuh Purwojati.

Continue reading

“Tetapkan Tujuan Hidup”

Ditulis oleh: Anne Ahira

Agus,


“Without goals, and plans to reach them, you are
like a ship that sail with no destination”
(Fritzhugh Dodson)

Itulah perumpamaan bagi orang yang tidak punya
tujuan dalam hidupnya.

Banyak orang melakoni perannya, tapi tidak tahu
arah hidup yang ingin ditujunya. Mereka-reka hidup
adalah apa yang kemudian dilakukannya. Continue reading

Pasang Widget Facebook di WordPress

Gimana sih caranya pasang / setting facebook di wordpress. Gara-gara kepengen ama yang udah pake diblognya..hehe…iseng-iseng coba cari caranya akhirnya dapet juga. Langkah-langkah buat settingnya ternyata simple kok, mau tau ni caranya :
– Pertama Log In dulu ke account Facebook
– Kedua, masuk ke bagian Profile
– Habis ntu, ketiga cari tulisan “Create a Profile Badge” dibagian pojok kiri bawah
– Keempat klik aja tulisan ntu..
– Kelima pasti bakalan muncul tampillan kayak gini (tapi potonya pasti beda…:D) Continue reading

Hargai Apa Yang Kita Miliki

Dari : Anne Ahira

Agus,

Pernahkah Agus mendengar kisah Helen Kehler?
Dia adalah seorang perempuan yang dilahirkan
dalam kondisi buta dan tuli.

Karena cacat yang dialaminya, dia tidak bisa
membaca, melihat, dan mendengar. Nah, dlm
kondisi seperti itulah Helen Kehler dilahirkan.

Tidak ada seorangpun yang menginginkan
lahir dalam kondisi seperti itu. Seandainya
Helen Kehler diberi pilihan, pasti dia akan
memilih untuk lahir dalam keadaan normal.

Namun siapa sangka, dengan segala
kekurangannya, dia memiliki semangat hidup
yang luar biasa, dan tumbuh menjadi seorang
legendaris. Continue reading

Wisuda Tifa Anakku

Hari ini, Sabtu, 2 Muharram 1431 H/ 19 Desember 2009

Alhamadulilah ya Allah hari ini sungguh sangat membahagiakan, betapa tidak perasaan bahagia, haru dan bangga bercampur jadi satu…atas keberhasilan anaku Latifa Ayu Destiana yang telah menyelesaikan studinya meraih gelar Sarjana Sains (Matematika) di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Tak bermaksud berlebihan, riya atau takabur…perkenankan lewat blog ini sekedar ingin mencurahkan rasa bahagia untuk menyampaikan ucapan selamat atas diwisudanya anaku tersayang

LATIFA AYU DESTIANA, SSi

Semoga apa yang telah nanda raih pada hari ini tidak menjadikan nanda sombong, takabur dan berpuas diri,  justru sebaliknya apa yang telah diraih dapat disikapi dengan rendah hati dan dapat membuat nanda semakin  dekat dengan Allah.  Selesai Kuliah bukan berarti selesai belajar, belajar yang sebernarnya baru dimulai ….dalam kehidupan nyata di masyarakat masih sangat banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi, janganlah berhenti untuk terus berjuang menghadapi semua tantangan dalam menghadapi kehidupan. Berbekalkan ilmu pengetahuan, kebiasaan belajar, dan semangat, papah percaya nanda dapat selalu meraih kesuksesan dalam mengejar karier dan cita-cita. Continue reading