Tips menjalani hari-hari Ujian Nasional – Sinkronisasi Otak dan Penenangan Pikiran

Dengan Kemajuan teknologi, dan penelitian ilmiah menemukan bahwa suara gelombang dalam frekwensi tertentu dapat mensimulasi otak. Suara gelombang mengandung afirmasi yang di dengar oleh otak bawah sadar, sekalipun kita dalam keadaan tertidur. Dengan mengkondisikan otak agar memproduksi atau mereduksi jenis frekuensi gelombang otak tertentu, maka dimungkinkan untuk menghasilkan beragam kondisi mental dan emosional.

Jaringan otak manusia menghasilkan gelombang listrik yang berfluktuasi. Gelombang listrik ini disebut brainwave atau gelombang otak. Pada tahun 1929, Hans Berger, seorang psikiater Jerman, menemukan Electro Encephalograph (EEG) yang bisa digunakan untuk mengukur gelombang listrik yang dihasilkan otak. Sejak saat itu teknologi berbasis gelombang otak untuk meningkatkan kemampuan pikiran dan perkembangan diri manusia di seluruh dunia.

Riset selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa gelombang otak tidak hanya menunjukkan kondisi pikiran dan tubuh seseorang, tetapi dapat juga disimulasi untuk mengubah kondisi mental seseorang. Dengan mengkondisikan otak agar memproduksi atau mereduksi jenis frekuensi gelombang otak tertentu, maka dimungkinkan untuk menghasilkan beragam kondisi mental dan emosional.

Secara garis besar, otak manusia menghasilkan empat jenis gelombang otak secara bersamaan, yaitu beta, alpha, tetha, delta. Akan tetapi selalu ada jenis gelombang otak yang dominan, yang menandakan aktivitas otak saat itu. Misalnya jika kita tertidur, maka gelombang otak yang dominan adalah delta. Gelombang otak bisa dimanipulasi (diprogram) dengan cara mendengarkan suara yang sudah diatur frekwensinya untuk mendapatkan efek-efek tertentu sesuai kebutuhan.

Misalnya untuk meditasi, yang dibutuhkan adalah kondisi relaksaksi yang dalam (seperti tidur) tetapi pikiran atau kesadaran tetap bekerja. Hal ini tentu sulit dilakukan oleh manusia pada umumnya, dan para meditator (penggemar meditasi) perlu berlatih bertahun-tahun untuk mencapai kondisi seperti itu. Namun dengan bantuan CD yang sudah diprogram secara khusus ini, seseorang bisa memasuki kondisi meditasi dalam waktu beberapa hari latihan saja. Para meditator barat telah menggunakan teknologi gelombang otak ini untuk memasuki pikiran bawah sadar dalam waktu yang cepat.

METODE simulasi GELOMBANG OTAK
Simulasi gelombang otak adalah fenomena yang alami, sama alaminya dengan teori fisika. Getaran suara tertentu yang didengarkan telinga bisa menggetarkan otak, sehingga otak memproduksi gelombang yang frekwensinya sama dengan frekwensi suara yang kita dengar. Hal ini sama saja dengan hukum fisika pada dua garpu tala.

Apabila ada dua buah garpu tala yang senada, apabila salah satu garpu tala diketuk T1 (digetarkan), lalu didekatkan tanpa menyentuhnya kepada garpu tala lain T2 , yang diam, maka garpu tala yang lain ini akan ikut bergetar, dengan nada yang sama. Maka garpu tala T2 disebut beresonansi (ikut bergetar) dengan garpu tala T1 .

Demikian pula otak manusia, dengan diketahuinya setiap tingkat gelombang otak manusia yang mampu beresonansi dari getaran audio, visual, dan sinyal raba atau perasaan, maka kita dapat mensimulasi otak kita agar menghasilkan gelombang otak tertentu sesuai kebutuhan, misalnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir, ingatan, pemahaman yang cepat, meditasi, aktifitas-aktifitas supranatural, mengobati atau meningkatkan kesehatan bagi mereka yang menderita ADHD, ADD atau Autism, susah tidur dan seterusnya.

Otak kita setiap saat menghasilkan impuls-impuls listrik. Aliran listrik ini, yang lebih dikenal sebagai gelombang otak, diukur dengan dua cara yaitu amplitudo dan frekuensi. Amplitudo adalah besarnya daya impuls listrik yang diukur dalam satuan micro volt.

Frekuensi adalah kecepatan emisi listrik yang diukur dalam cycle per detik, atau hertz. Frekuensi impuls menentukan jenis gelombang otak yaitu beta, alfa, theta, dan delta. Jenis atau kombinasi dan jenis gelombang otak menentukan kondisi kesadaran pada suatu saat.

Pandangan keliru yang selama ini ada dalam benak banyak orang adalah otak hanya menghasilkan satu jenis gelombang pada suatu saat. Saat kita aktif berpikir kita berada pada gelombang beta. Kalau kita rileks kita berada di alfa. Kalau sedang ngelamun, kita di theta. Dan, kalau tidur lelap kita berada di delta. Pandangan itu salah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada suatu saat, pada umumnya, otak kita menghasilkan empat jenis gelombang secara bersamaan, namun dengan kadar yang berbeda. Dalam kondisi tertentu, misalnya meditasi, kita dapat secara sadar mengatur jenis gelombang otak mana yang ingin kita hasilkan.

Setiap orang punya pola gelombang otak yang unik dan selalu konsisten. Keunikan itu tampak pada komposisi ke empat jenis gelombang pada saat tertentu. Komposisi gelombang otak itu menentukan tingkat kesadaran seseorang. Meskipun pola gelombang otak ini unik, tidak berarti akan selalu sama sepanjang waktu. Kita dapat secara sadar, dengan teknik tertentu, mengembangkan komposisi gelombang otak agar bermanfaat bagi diri kita.

Beta (14 – 100 Hz). Dalam frekuensi ini kita tengah berada pada kondisi aktif terjaga, sadar penuh dan didominasi oleh logika. Inilah kondisi normal yang kita alami sehari-hari ketika sedang terjaga (tidak tidur). Kita berada pada frekuensi ini ketika kita bekerja, berkonsentrasi, berbicara, berpikir tentang masalah yang kita hadapi, dll. Dalam frekuensi ini kerja otak cenderung memantik munculnya rasa cemas, khawatir, stress, dan marah. Gambar gelombang otak kita dalam kondisi beta adalah seperti dibawah ini.



Alpha (8 – 13.9 Hz). Ketika otak kita berada dalam getaran frekuensi ini, kita akan berada pada posisi khusyu’, relaks, meditatif, nyaman dan ikhlas. Dalam frekuensi ini kerja otak mampu menyebabkan kita merasa nyaman, tenang, dan bahagia. Berikut gambar gelombang alpha.

Theta (4 – 7.9 Hz). Dalam frekuensi yang rendah ini, seseorang akan berada pada kondisi sangat khusyu’, keheningan yang mendalam, deep-meditation, dan “mampu mendengar” nurani bawah sadar. Inilah kondisi yang mungkin diraih oleh para ulama dan biksu ketika mereka melantunkan doa ditengah keheningan malam pada Sang Ilahi. Berikut gambar gelombang otak kita ketika berada dalam kondisi theta.

Delta (0,1 – 3,9 Hz). Frekuensi terendah ini terdeteksi ketika orang tengah tertidur pulas tanpa mimpi. Dalam frekuensi ini otak memproduksi human growth hormone yang baik bagi kesehatan kita. Bila seseorang tidur dalam keadaan delta yang stabil, kualitas tidurnya sangat tinggi. Meski tertidur hanya sebentar, ia akan bangun dengan tubuh tetap merasa segar.

Manfaat Apa Yang Saya Peroleh Dari Penggunaan Terapi Gelombang Otak ini ?

  • Dapat memaksimalkan kemampuan otak anda
  • Dapat memaksimalkan potensi diri anda
  • Dapat meningkatkan IQ anda
  • Dapat meningkatkan memori otak anda
  • Dapat memperkuat daya pikir anda
  • Dapat meningkatkan konsentrasi anda
  • Dapat menjadi lebih percaya diri
  • Dapat menjadikan emosi lebih stabil
  • Dapat menjadikan hidup lebih sehat
  • Dapat menghilangkan stress, depresi dan penyakit emosi lainnya
  • Dapat berhenti dari ketergantungan terhadap zat-zat adiktif
  • Dapat segera melakukan perubahan positif dalam hidup anda
  • Dapat segera menghilangkan kebisaaan buruk anda
  • Dapat memperoleh ketenangan dalam waktu singkat
  • Dapat mengatasi kesulitan tidur
  • Dapat meningkatkan kreativitas
  • Dapat melakukan meditasi lebih sempurna
  • Dapat menyerap ilmu yang banyak dalam waktu yang singkat
  • Dapat meningkatkan prestasi olahraga.

Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya yang dapat anda peroleh dengan menggunakan Terapi Gelombang Otak ini.

Manfaat-manfaat yang bertanda tebal di atas, itu adalah beberapa manfaat fungsi utama yang sangat berguna bagi siswa dalam mempersiapkan dan membangun mental dan pikiran dalam menghadapi ujian. Berikut ini kami berikan link download software yang dapat digunakan untuk Terapi Gelombang Otak beserta setting cara penggunaannya secara optimal dalam menghadapi dan menjalani hari-hari pada ujian.

Download Software Terapi Gelombang Otak


Cara Penggunaan :


Pada Software tersebut sudah ada setting Factory Preset yang tersedia di dalam berbagai mode (kurang Lebih 38 mode), sebagai anjuran dalam menjalani hari-hari ujian, anda dapat mengikuti periode penggunaan sebagai berikut :

NO Waktu Kondisi Preset (Setting) Fungsi
1 Pre UN, Hari Minggu (H-1), sepanjang pagi dan siang H-1 kita membutuhkan relaksasi dan meditasi untuk menguatkan mental dalam menyongsong hari esok. No. 15 s/d No. 19 = Relaxation 1-5 Untuk memberikan kenyamanan dan menghilangkan ketegangan yang sering terjadi pada siswa ketika mendekati Hari-H
2 Pre UN, Hari Minggu (H-1), Malam Hari. H-1 terkadang untuk menyongsong hari esok kita masih membutuhkan belajar, namun gunakan waktu ini untuk belajar membaca buku pengetahuan yang ringan dan sederhana (LKS, buku panduan, buku smart solution).
Jangan memaksakan untuk melakukan latihan soal (Hal ini bisa menyebabkan otak bekerja cukup keras, padahal kita membutuhkannya untuk bekerja keras keesokan harinya)
No. 23 = Enhanced Learning
Anda dapat menambahkan Suara Instrumen Piano untuk memberikan suasana tambahan.
Fungsi untuk sedikit banyak menambah dan mengingat-ingat ilmu dengan efektif dalam waktu singkat.
3 Pre UN, Hari Minggu (H-1), Waktu Tidur Malam (Dianjurkan maksimum 21.30 sudah tidur) Waktu istirahat Malam
  • Gunakan No.33 = Sleepy Time (Jika anda merasa kesulitan tidur)
  • Gunakan No.38 = Deep Sleep (Jika sudah benar merasa mengantuk atau ingin tertidur)
  • Sleepy Time = untuk mensinkronkan gelombang otak anda agar mengantarkan ke mode istirahat.
  • Deep Sleep = memberikan sensasi istirahat dengan total sehingga mengembalikan kesegaran tubuh anda saat terbangun esok.
4 Hari Ujian, Pasca Bangun setelah sholat shubuh Setelah sholat subuh, sambil mempersiapkan diri hingga berangkat menuju lokasi ujian. No. 24 s/d No. 25 = Mood Lifter 24-25 Membangun mood dan semangat anda dalam menyongsong waktu ujian di pagi hari. Dengan suasana yang bersemangat dan percaya diri, maka anda mampu masuk kelas ujian dengan benar-benar siap.
5 Hari Ujian, Pasca Pelaksanaan Ujian hingga istirahat waktu Ashar Terkadang kita sedikit mengalami stress dan juga kelelahan karena baru saja fokus mental dan pikiran hingga fisik diperas saat ujian.
  • Gunakan No.28 = Stress Relief (Jika anda merasa terbebani dan stress,). Lalu lanjutkan ke preset selanjutnya No. 15 s/d No. 19 = Relaxation 1-5.
  • Gunakan No. 15 s/d No. 19 = Relaxation 1-5 (Jika merasa hanya baik kelelahan maupun tidak)
  • Stress Relief = berfungsi untuk membangun mental dan pikiran anda dari stress dan beban yang ada.
  • Untuk menghilangkan kelelahan dan memberikan kenyamanan dari ketegangan yang baru saja dilewati agar kembali segar bugar lagi.
6 Hari Ujian, Pasca Pelaksanaan Ujian hingga istirahat waktu Ashar Sore hari, waktu cukup senggang sehingga dapat digunakan untuk relaksasi atau mengingat materi. No. 23 = Enhanced Learning
Anda dapat menambahkan Suara Instrumen Piano untuk memberikan suasana tambahan.
Fungsi untuk sedikit banyak menambah dan mengingat-ingat ilmu dengan efektif dalam waktu singkat.
7 Pre Hari ujian esok hari, Malam Hari. H-1 terkadang untuk menyongsong hari esok kita masih membutuhkan belajar, namun gunakan waktu ini untuk belajar membaca buku pengetahuan yang ringan dan sederhana (LKS, buku panduan, buku smart solution).
Jangan memaksakan untuk melakukan latihan soal (Hal ini bisa menyebabkan otak bekerja cukup keras, padahal kita membutuhkannya untuk bekerja keras keesokan harinya)
No. 23 = Enhanced Learning
Anda dapat menambahkan Suara Instrumen Piano untuk memberikan suasana tambahan.
Fungsi untuk sedikit banyak menambah dan mengingat-ingat ilmu dengan efektif dalam waktu singkat.
8 Pre UN, Hari Minggu (H-1), Waktu Tidur Malam (Dianjurkan maksimum 21.30 sudah tidur) Waktu istirahat Malam
  • Gunakan No.33 = Sleepy Time (Jika anda merasa kesulitan tidur)
  • Gunakan No.38 = Deep Sleep (Jika sudah benar merasa mengantuk atau ingin tertidur)
  • Anda dapat menambahkan Suara Instrumen Native American Flute untuk memberikan suasana damai.
  • Siklus di atas berulang terus hingga hari ke terakhir ujian, dalam penggunaan software anda juga bisa menambahkan suara-suara instrumen tambahan atau suara natural alam yang anda suka namun disarankan untuk tidak merubah jenis gelombang otak yang digunakan.
  • Tips ini tidak bertanggung jawab jika dalam penggunaannya anda malah merasa terganggu atau memberikan efek negatif bagi anda. Semua yang ditulis di sini berdasarkan pengalaman dan kajian ilmu pengetahuan. Tips ini hanya berupa anjuran, penggunaan atau tidaknya murni menjadi tanggung jawab pembaca.
  • Namun berdasarkan hasil pengalaman bahwa penggunaan metode-metode Terapi Gelombang Otak ini ternyata sangat efektif dalam menstimulus keadaan alam bawah sadar kita seperti yang dibutuhkan.
  • Disarankan dalam mendengarkan anda bisa menggunakan headset atau menggunakan sound eksternal yang disetting volumenya ke suara sayup-sayup.
  • Sleepy Time = untuk mensinkronkan gelombang otak anda agar mengantarkan ke mode istirahat.
  • Deep Sleep = memberikan sensasi istirahat dengan total sehingga mengembalikan kesegaran tubuh anda saat terbangun esok.

Nah sampai di sini dulu tutorial ini murni dibuat demi sumbangsih kepada para siswa yang sedang akan dan sedang menjalani ujian nasional. Namun ingat semua itu tak terlepas dari doa dan menyerahkan diri pada Allah swt. Semoga dengan sedikit tips yang didasarkan pada kategori pendukung non teknis ini dapat menunjang keberhasilan penggunanya sukses menjalani hari-hari ujian dan memperoleh hasil yang memuaskan… yaitu LULUS 100%..

Terima Kasih.

5 Comments

  1. keren pak..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s