PENGALAMAN PERTAMA MENJADI TUTOR

Hari Minggu, 28 Agustus 2010 ada cerita yang berbeda, pengalaman pertama menjadi tutor merupakan  sebuah cerita yang mengesankan dalam perjalanan  hidup saya. Mengajar anak-anak SMA mungkin hal biasa karena saya seorang guru, tetapi menjadi Tutor Mahasiswa UT S1 PGSD baru pertama kali saya jalani. Tepatnya di Pokjar (Kelompok Belajar) Kec. Sruweng , dan Pokjar Kec. Rowokele, Kebumen. Cerita pengalaman mengajar mungkin sudah biasa, tetapi kalo siswa atau mahasiswanya adalah Ibu-ibu dan Bapak-bapak yang umurnya sudah tidak muda lagi adalah pengalaman yang baru bagi saya. Perjalanan dari Purwokerto sampai Sruweng kurang lebih satu setengah jam, cukup lumayan melelahkan karena  saya lama tidak naik motor untuk perjalanan jauh. Didorong rasa semangat dan mencari pengalaman ternyata terasa sangat mengasyikan, betapa tidak…pertemuan pertama dengan mahasiswa UT semester IX ini banyak hikmah yang bisa menjadi pelajaran dalam hidup saya. Setelah sedikit perkenalan, saya sampaikan garis besar materi tutorial yang akan ditempuh selama 8 kali pertemuan. Sungguh saya sangat terharu betapa para mahasiswa yang tentu adalah ibu-ibu dan bapak-papak begitu bersemangat mengikuti tutorial hari pertama. Sambil menjalani ibadah puasa ditengah udara panas Bapak-Ibu dengan tulus ikhlas mengerjakan tugas pertama yang saya berikan yaitu menggambar manusia, binatang, tumbuhan dan buah. Sangat lucu dan menggelikan karena  bapak dan ibu mahasiswa ada yang merasa tidak bisa menggambar, tetapi setelah saya beri motivasi ternyata hasilnya luar biasa. Saya sangat terharu…mungkin saya boleh dibilang “keterlaluan”, betapa tidak, bisa dibayangkan bapak ibu datang dari berbagai pelosok desa, meninggalkan anak-anak, meninggalkan suami atau istri dirumah, hanya untuk menggambar…seperti anak-anak yang baru sekolah….maafkan saya teman-teman…tapi itulah materi yang harus diberikan.. tentu bukan menggambarnya yang utama, akan tetapi  semangat, ketulusan dan keiklasan bapak ibu menjalani amanat menjadi pelajaran yang berharga bagi saya…semoga pertemuan ini menambah tali silaturahmi diantara kita….tetap semangat..semoga sukses..amin.

1 Comment

  1. biar tuwek2 tetep semangat “45!!!!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

